· 

Indonesia Culture Day 2019~Bhineka Tunggal Ika

26 Oktober 2019,AIREF

インドネシア・カルチャー・デー2019~多様性の中の統一

2019年10月26日(土)  福岡市健康づくりサポートセンター(あいれふ)

スマトラ島アチェ州の 「サマン踊り」 ワークショップや、「チェンドル」(東南アジアで人気の冷菓) づくりのほか、インドネシア各地の料理試食や映像で文化を紹介するプログラムで、 約30名の参加者は留学生のおもてなしで、インドネシアの多様性を様々な角度から楽しむことができました。

Melalui workshop Tari Saman dari Aceh dan pembuatan es cendol, mencicipi hidangan-hidangan Indonesia, serta pemutara video tentang Indonesia, kami memperkenalkan keberagaman di Indonesia dari berbagai dimensi.

【プログラム】
●インドネシアの多様な文化の紹介

●スマトラ島北部に伝わるサマン踊りワークショップ
●インドネシアの甘いデザートづくり体験

●インドネシア各地の代表的な料理&飲み物10品試食


Indonesia Culture Day 2019

Pada hari Sabtu, 26 Oktober 2019 telah diselenggarakan Indonesia Culture Day (ICD) 2019 yang merupakan program tahunan dari PPI Fukuoka yang bekerja sama dengan NPO Teman Hati dan Kyudenko dengan tujuan untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat Jepang khususnya yang berada di Fukuoka. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk mengumpulkan dana yang nantinya akan disumbangkan untuk membantu pendidikan anak-anak Indonesia yang kurang mampu melalui Badan Semi Otonom Beasiswa (BSOB) PPI Fukuoka.

Tema besar yang diambil dalam Indonesia Culture Day kali ini adalah Kuliner Indonesia yang diwujudkan sajian 10 kuliner Indonesia yaitu nasi opor ayam, nasi uduk dan rendang, bakso, gado-gado, kerupuk basah, es pisang hijau, es dawet, dadar gulung, sosis solo, dan kopi. Selain menikmati sajian tersebut, para penonton juga diperkenalkan mengenai cara pembuatan dan filosofi dari berbagai sajian tersebut. Dalam ICD kali ini, para peserta juga mengikuti workshop pembuatan es cendol.

Selain menikmati sajian kuliner Indonesia, para peserta juga diperkenalkan mengenai budaya Indonesia berupa tari-tarian nusantara dan berbagai filosofinya. Para peserta juga mengikuti workshop tari Saman yang dipandu oleh tim saman PPI Fukuoka "Garuda Beudhaya". Di akhir acara, para peserta menampilkan beberapa gerakan tari Saman yang sudah dipelajari selama workshop bersama-sama.

Acara ditutup dengan pembagian doorprize dan foto bersama. Secara keseluruhan, Indonesia Culture Day 2019 berlangsung lancar dan meriah dengan repon positif partisipasi aktif dari para peserta yang berasal dari Indonesia, Jepang, dan Laos. Semoga melalu acara ini dan juga di kesempatan lain, PPI Fukuoka dapat terus memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada masyarakat Jepang dan juga di kancah Internasional.

PPI Fukuoka mengucapkan terimakasih kepada semua peserta yang telah berpartisipasi dan memeriahkan Indonesia Culture Day 2019. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada NPO teman hati dan Kyudenko yang telah mendukung terlaksananya Indonesia Culture Day 2019.

Dan yang terakhir, PPI Fukuoka mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi terbesar kepada seluruh panitia yang telah bertugas sejak perencanaan, persiapan, hingga pelaksanaan Indonesia Culture Day 2019

Terima kasih dan sampai berjumpa di Indonesia Culture Day selanjutnya !